Selasa, 20 Mei 2014

SISTEM TELEPON DALAM GEDUNG


     Dengan semakin majunya industri telekomunikasi maka diperlukan peralatan yang mendukung  jalannya proses komunikasi. Dalam perangkat telekomunikasi untuk keperluan intern atau lokal, misalnya dalam suatu gedung perkantoran, diperlukan suatu sistem telepon yang dinamakan sistem PABX. Sistem PABX berfungsi sebagai sentral komunikasi telepon di dalam gedung (pelanggan) yang terhubung dengan tekom.
      Dalam pekerjaan sistem telepon yang termasuk dalam peralatan utama adalah MDF telepon, PABX, Programing (billing sistem), dan beberapa pekerjaan yang berhubungan.

a.         PABX (Private Automatic Branch Exchange)
   
     PABX atau dalam bahasa Indonesianya dikenal dengan STO (Sentral Telepon Otomat) merupakan merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai sentral telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misal perkantoran.
    Perangkat ini akan mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan panggilan ke nomor tujuan.
    Terdapat type dan jenis PABX, yaitu:
·         PABX Digital
Merupakan PABX yang menggunakan pesawat digital untuk ekstensionnya. Pesawat digital ini umumnya mendukung beberapa fitur seperti Confrence call, Paerty dan sebagainya.  Pesawat telepon digital hanya bisa digunakan / dipasangkan dengan PABX yang sama merk / type pesawat digital itu sendiri
·         PABX Analog
PABX yang hanya mendukung pesawat telepon biasa (seperti telepon rumah), kebalikan  dari PABX digital.
·         PABX Hybrid
PABX yang bisa menggunakan telepon digital dan analog pada port ekstensionnya.

  
b.         MDF (Main Distribution Frame)

    MDF merupakan kabinet bertemunya seluruh sambungan instalasi teleponm, baik dari cabang maupun dari luar (CO line). MDF memiliki 2 sisi koneksi, 1 sisi koneksi untuk kabel dari TB (Terminal Box), IDF maupun Telkom (CO line), sedangkan sisi lainnya murni dari unit PABX. Kedua sisi tersebut nantinya dihubungkan menggunakan kabel jamper (hubung), kabel 1 core dililit sepasang, berwarna hitam putih, atau merah biru dan lain-lain.

c.          Billing System
     Billing System PABX adalah Perangkat tambahan berupa Software dan Hardware  yang dijalankan pada komputer yang  terkoneksi  dengan  system  PABX  (  Sentral  Telepon  )  yang  fungsinya menghitung  biaya  pemakaian  telepon  per  extension  dalam  kurun waktu tertentu. billing  system PABX  ini  diciptakan  untuk  memantau  pemakaian telepon sebuah perusahaan / hotel secara realtime.  Atau dikatakan Billing System Untuk PABX adalah software untuk memonitor dan menghitung pemakaian telepon dari PABX, yang digunakan untuk Kantor, Hotel, Apartemen dan lain-lain.

    Telephone  billing  system  juga dapat  membantu  kantor-kantor  dalam mengawasi  pemakaian  telepon secara  berlebihan  dari  individu-individu yang  tidak  terkontrol dan  bukan  untuk  keperluan dan  kebutuhan  kantor. Sehingga  dengan  telephone  billing  system  kantor  dapat  mengontrol pemakaian telepon secara periodik dan sistematis.

(lanjut......)
(Dari beragai sumber....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar