Sabtu, 29 September 2012

SISTEM PEMADAM KEBAKARAN (FIRE FIGHTING SYSTEM)



Sistem pemadam kebakaran  atau sistem fire fighting disediakan di gedung sebagai preventif (pencegah) terjadinya kebakaran. Sistem ini terdiri dari sistem sprinkler, sistem hidran dan Fire Extinguisher. Dan pada tempat-tempat tertentu digunakan juga sistem fire gas.Tetapi pada umumnya sistem yang digunakan terdiri dari: sistem sprinkler, hidran dan fire extinguisher.
      Ada 3 pompa yang digunakan dalam sistem sprinkler dan Hydran, yaitu elektrik pump, diesel pump dan jockey pump. Jockey pump berfungsi untuk menstabilkan tekanan di instalasi, dan secara otomatis akan bekerja apabila ada penurunan tekanan. Dan jika ada head sprinkler yang pecah atau hydran digunakan, maka yang bekerja secara otomatis pompa elektrik bekerja, dan secara otomatis pula jockey pump akan berhenti bekerja. Pompa elektrik pump (atau elektrik pump) merupakan pompa utama yang bekerja bila head sprinkler atau hydran digunakan. Sedang pompa diesel merupakan pompa cadangan, jika pompa elektrik gagal bekerja selama 10 detik, maka secara otomatis pompa ini akan bekerja.

1.  Fire Fighting Sistem Sprinkler

     Sistem ini menggunakan instalasi pipa sprinkler bertekanan  dan head sprikler sebagai alat utama untuk memadamkan kebakaran.
     Sistem  ada 2 macam, yaitu:
a. Wet Riser System: Seluruh instalasi pipa sprinkler berisikan air bertekanan  dengan tekanan air selalu dijaga pada tekanan yang relatif tetap.
b. Dry riser system : Seluruh instalasi pipa sprinkler tidak berisi air bertekanan, peralatan penyedia air akan mengalirkan air secara otomatis jika instalasi  fire alar memerintahkannya.
      Pada umumnya gedung bertingkat tinggi menggunakan sistem wet  riser, seluruh pipa sprinkler berisikan air bertekanan, dengan tekanan air selalu dijaga pada tekanan yang relatif tetap.
      Apabila tekanan dalam pompa menurun, maka secara otomatis jockey pump akan bekerja untuk menstabilkan tekanan air didalam pipa. Jika tekanan terus menurun atau ada glass bulb head sprinkler yang pecah maka pompa elektrik  akan bekerja dan secara otomatis pompa jockey akan berhenti. Dan apabila pompa elektrik gagal bekerja setelah 10 detik, maka pompa cadangan diesel secara otomatis akan bekerja.

2.   Fire Fighting Sistem Hydran

    Sistem ini menggunakan instalasi hydran sebagai alat utama pemadam kebakaran, yang terdiri dari box hydran dan accesories, pilar hydran dan siemese. Box Hydran dan accesories instalasinya (selang (hose), nozzle) (atau disebut juga dengan Fire House cabinet (FHC)) biasanya ditempatkan dalam gedung, sebagai antisipasi jika sistem sprinkler dan sistem fire extinguisher kewalahan mengatasi kebakaran di dalam gedung. Sedang Pilar hydran (yang dilengkapi juga dengan box hydran disampingnya, untuk menyimpan selang (hose) dan nozzle) biasanya ditempatkan di area luar (jalan) disekitar gedung, digunakan jika sistem kebakaran di dalam gedung tidak memadai lagi. Dan Siemese berfungsi untuk mengisi air ground tank  (sumber air hydran) tidak memadai lagi atau  habis. Siemese ditempatkan di dekat di dekat jalan utama. Hal ini untuk memudahkan dalam pengisian air.
       System Hydran ini juga terdiri dari 2 system, yaitu:
a. wet riser system:  Seluruh instalasi pipa hydran berisikan air bertekanan dengan tekanan yang selalu dijaga pada tekanan yang relatif tetap.
b.  Dry Riser System: seluruh instalasi pipa hydran tidak berisikan air bertekanan, peralatan penyedia air akan secara otomatis jika katup selang kebakaran di buka.
        Seperti halnya sistem sprinkler, jika ada tekanan dalam pipa instalasi menurun, maka pompa jockey akan bekerja. Dan jika instalasi hydran dibuka maka secara otomatis pompa elektrik akan bekerja, dan jockey pump secara otomatis akan berhenti. Dan jika pompa elektrik gagal bekerja secara otomatis, maka pompa diesel akan bekerja.



Gbr..Box Hydran & Fire Extinguisher (APAR)

3.       Fire Fighting fire Extinguisher
  
    Fire extinguisher atau lebih dikenal dengan nama APAR (Alat Pemadam Api Ringan) merupakan alat pemadam api yang pemakaiannya dilakukan secara manual  dan langsung diarahka  pada posisi dimana api berada.
     Apar biasanya ditempatkan di tempat-tempat strategis yang dissuaikan dengan peraturan Dinas Pemadam Kebakaran.
     Terdapat beberapa jenis Apar yang digunakan, yaitu:
·    Apar Type A: Murtipupuse Dry Chemical Powder 3,5 Kg
·    Apar Type B: Gas Co2 6,8 kg
·    Apar type C : Gas Co2 10 kg
·    Apar type D : Multipupuse Dry Chemical Powder 25 kg (dilengkapi dengan Trolley)

4.       Fire Fighting Sistem Gas

Sistem fire gas biasanya digunakan untuk ruangan tertentu, seperti: ruang Genset, ruang panel dan ruangan eletronik (ruang central komputer: ruang hub dan server, IT, Comunication dan lain-lain).
 Sistem iyang digunakan biasanya sistem fire gas terpusat, dimana tabung-tabung gas (foam, halon, FM 100, Co2 dan lain-lain), ditempatkan secara terpusat dan pendistribusiannya ke dalam ruangan dilewatkan melalui motorized valve / actuator, instalasi pemipaan dan nozzle.
  Cara kerja sistem ini berdasarkan perintah dari system fire alarm.




Gbr. Skematik Instalasi Hydran & Sprinkler 4 latai

(by. A. Loekmantara , sumber: dai berbagai sumber) 

23 komentar:

  1. Balasan
    1. pressure indikator pada pressure tank itu berapa ya pak standar rata-ratanya

      Hapus
    2. Sudah ada jockey pump tidak perlu lagi pressure tank. Jangan kecampur-campur dengan sistem plambing.

      Hapus
  2. bolehkah untuk gedung 12 lantai hanya menggunakan satu jenis saja yaitu diesel pump, bagaimana perhitungannya....mohon infonya gan..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standard pengamanan kalau gak salah seperti yg sudah diuraikan, ada dg diesel, motor dan jockey. Tanpa boleh ditawar ��

      Hapus
    2. Pompa pemadam harus main & back-up dari sumber power yang berbeda. Paling ideal adalah 2 pompa diesel. boleh menggunakan 2 pompa elektrik asal sumber powernya dari sumber yang berbeda, satu dari PLN satu lagi dari genset.

      Hapus
  3. rumus cara perhitungan presure fire fighting pada gedung tinggi, dari ruang pompa brp? dan dariroof brp?...(jika tinggi gedung 150 meter)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhitungan pressure tgt banyaknya sprinkler, capsitas masing masing, besar pipa, panjang pipa, beda tinggi dg sumber air dan banyak lagi yg harus di hitung, baru bisa nentukan kebutuhan tekanan pompa

      Hapus
  4. Dear Sir/Madam,

    PT. Lugata Karya Teknik (LKT) is an independent local company and was established in 2013 in Tangerang Banten Indonesia. LKT’s business line is as Pumps and Compressors Supplier, Pumps and Compressors’ Spare Parts and Accessories & Installation.

    “Our aims are to provide reliable pumps and professional services to achieve customers' satisfaction". We are committed to continually improve our service to meet customers' requirements in the ever changing business environment.

    Currently, we are an outraised distributor for Dynapro Pumps manufacturer. Dynapro Pumps manufactures Centrifugal Pumps which are fully comply to API 610, ASME B73.1, ISO 5199 and Industrial Slurry Pumps, Reciprocating Pumps API 674, Fire Water Pump NFPA20, UL NFPA 20 and UL/FM NFPA 20, and Jockey Pump.

    Other products and Brands we offer are:

    1. Air Operated Double Diaphragms Pumps: Wilden, ARO, ALL-Flo and Standard
    2. End Suction Centrifugal Pumps, Self-Priming Pumps and Process Pumps:
    Finder Pumps, Andritz Pumps, Versa Pumps, MP Pumps, Griswold Pumps etc.
    3. Submersible Pumps: Vulcan Pumps, Moody Pumps
    4. Seal-less Magnetic Drive Pumps: March Pumps, Finder Pumps
    5. Drum Pumps: Standard Pumps, Flux Pump
    6. Air Compressors – Tamsan Compressor

    We are at your disposal for your inquiry and for any product clarification. Please do not hesitate to call us at (62-021) 2932 4347 / 2932 4348 or E-mail to us

    BalasHapus
  5. blh mampir di blog saya
    agrarisindonesia.wordpress.com
    daftarmerkcat.wordpress.com
    terlengkapdanterpercaya.wordpress.com
    https://timbanganlengkap.wordpress.com/2015/09/21/2/

    BalasHapus
  6. Makasih infonya bos..
    Sangat embantu dan bermanfaat salam kenal
    http://jasapasangpipa.blogspot.com

    BalasHapus
  7. kami cv.duta karya indonesia bergerak di bidang mekanikal dan elektrikal di wilayah semarang yogyakarta dan solo dan bisa hubungi kami di email dutakaryaindonesia@gmail.com

    BalasHapus
  8. Kami sebagai importir pompa CNP indonesia siap membantu :)

    kami pemasok terkemuka untuk pompa vertikal dan horizontal dalam pengolahan air
    terutama pompa CDLF series CNP menjadi standart dalam mesin pengolahan air Reverse osmosis

    eddy
    085210004532 whatsapp, 30detik dijawab
    PT. Southern indonesia
    JL.Kartini Raya 64-A3 (6th Floor)
    Jakarta Pusat 10750

    BalasHapus
  9. Dear all Valued Costumer,
    Bersama ini kami menyampaikan informasi rate terbaru Impor borongan dari berbagai negara ke Jakarta
    VIA AIR DAN SEA LCL GENERAL CARGO/SPARE PART
    KETERANGAN JENIS HARGA MIN ESTIMASI WAKTU
    SINGAPORE-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 75.000 10KG 4-5 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.600.000 1M3 2-3 MINGGU
    MALAYSIA-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 185.000 10KG 7-9 hari
    SEA FREIGHT Rp 6.700.000 1M3 2-3 MINGGU
    BANGKOK-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 160.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 6.500.000 1M3 4-6 MINGGU
    GUANGZHOU-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 125.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.700.000 1M3 4-5 MINGGU
    YIWU-JAKARTA SEA FREIGHT Rp 4.700.000 1M3 3-4 MINGGU
    SHANGHAI-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 150.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.800.000 1M3 4-5 MINGGU
    SHENZEN-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 130.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.700.000 1M3 4-5 MINGGU
    HONGKONG-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 130.000 10KG 9 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.800.000 1M3 4-5 MINGGU
    TAIWAN-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 130.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 4.800.000 1M3 3-4MINGGU
    KOREA-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 150.000 10KG 7 HARI
    SEA FREIGHT Rp 6.300.000 1M3 4-6 MINGGU
    BEIJING AIR FRIGHT Rp 180.000 50 kg 10-14 HARI
    DALIAN SEA FREIGHT Rp 8.400.000 2M3 5 MINGGU
    VIETNAM AIR FRIGHT Rp 190.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 8.400.000 2M3 5 MINGGU
    JEPANG-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 225.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.100.000 2M3 2 BULAN
    AUSTRALIA-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 225.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.100.000 2M3 7 MINGGU
    GERMAN-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 235.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.700.000 2M3 2 BULAN
    ITALY AIR FRIGHT Rp 245.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.200.000 2M3 2 BULAN
    CALIFORNIA-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 275.000 50 kg 14 HARI
    SEAFREIGHT Rp 10.700.000 2M3 2 BULAN
    LOS ANGELES-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 225.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.400.000 2M3 2 BULAN
    NEW YORK-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 230.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.400.000 2M3 2 BULAN
    CHICAGO-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 230.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.400.000 2M3 2 BULAN
    LONDON-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 225.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.400.000 2M3 2 BULAN
    CANADA-JAKARTA AIR FRIGHT Rp 235.000 50 kg 14 HARI
    SEA FREIGHT Rp 9.800.000 2M3 2 BULAN
    NOTE :
    #.Mohon dikonfirmasi terlebih dahulu Document barang (Packlist/Inv) sebelum barang diantar/dipickup
    #. Untuk pengiriman barang udara & laut perhitungan akan dipilih mana yang lebih besar berat barang atau volume barang, untuk Laut = P x L x T (Meter), sedangkan Udara = P x L x T (CM)/ 6000

    #. 1cbm=600kg . lebih dari 600kg akan dihitung harga per kg.
    #.Harga diatas belum termasuk biaya Pickup,Jika barang dari luar Singapore kena biaya:
    SAC(Singapore Airport Charges):1-100 kg Sgd 130, selanjutnya x 0,50.
    SSC(Singapore Seaport Charges),
    Permit:Sgd 35 (jika barang dianter pakai jasa kurir)

    #.Untuk pengiriman dari Shanghai supplier harus memiliki export license
    #.Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
    #.Untuk pengiriman pertama,payment COD.selanjutnya jatuh tempo seminggu.
    Demikian Harga penawaran yang kami buat,Atas perhatianya kami ucapkan terimakasih.

    Best Regards

    Harris Saputra
    Marketing
    Phone : 082297795594
    Tel : 021-29743372
    BBM : D006DF46
    Jl.kebon bawang 9no 45 jakarta utara






    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Apakah gedung lama bisa di pasang hydrant pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, contohnya stadion GBK, sekarang sudah ada hydrant sehabis direnov kmren :)

      Hapus
  12. Apakah gedung 4 lantai tinggi total 20 meter diwajibkan pasang sprinkler otomatis?

    BalasHapus
  13. Dengan hormat

    Perkenalkan kami dari PT. PRIMA JASALINDO NUSANTARA, ingin menawarkan kerja sama handling import, undername, door to door, borongan (All in), dll.

    Note: jika ada barang yang ketahan di BC, kami bisa bantu pengeluarannya.

    Jika ada kebutuhan untuk jasa tersebut diatas, silahkan hubungi kami pada alamat dibawah ini.

    --

    Agus Wandie
    Hp/WA : 0821 1015 1824


    PT. PRIMA JASALINDO NUSANTARA
    Ruko Grand Pasar Minggu Lt 2
    Jl. Raya Rw. Bambu, No 88 G​ ​P​asa​r Minggu,​ ​Jakarta Selatan,12520
    phone : 021-2780 6364, 2279 0422 ( Hunting )
    Fax : 021-2753 4045
    E-Mail : agus.imp65@gmail.com
    Web : www.pjncargo.com

    BalasHapus
  14. Selamat malam. Mau tanya
    Saya lagi menyusun skripsi analisa fire fighting proyek A
    Minta sarannya yg dianalisa dan dibuat perbandingan apa y. Terimakasih

    BalasHapus