Sabtu, 29 September 2012

SISTEM PLUMBING GEDUNG

Sistem plumbing adalah suatu pekerjaan yang meliputi sistem pembuangan limbah / air buangan (air kotor dan air bekas), sistem venting, air hujan dan penyediaan air bersih. Jadi secara sederhana sistem plumbing dalam suatu gedung biasanya terdiri dari:

  • Sistem instalasi air kotor
  • Sistem instalasi air bekas
  • Sistem instalasi venting
  • Sistem penyediaan air bersih
  • Selain sistem diatas juga karena menyangkut pembuangan air,  yang harus dialirkan ke saluran, yaitu Sistem instalasi air hujan dan Instalasi drain (drain AC dan drain sprinkler). 

1. Sistim Instalasi air kotor

Sistem instalasi air kotor atau sistem pembuangan air limbah merupakan sistem instalasi untuk mengalirkan air buangan yang berasal dari peralatan saniter: closet dan urinoir.  Sistem instalasi ini kemudian diteruskan ke septictank, atau diolah dalam bioseptictank atau instalasi IPAL, hingga akhirnya menuju saluran kota.

2. Sistem Instalasi Air Bekas

Sistem pembuangan air bekas merupakan instalasi untuk mengalirkan air buangan yang berasal dari peralatan saniter: wastafel, FD (floor drain) dan kitchen zink. Instalasi air bekas pada umumnya memeiliki instalasi tersendiri yang berbeda dengan instalasi air kotor.  Pada gedung-gedung yang lebih besar, misalnya:mall, instalasi yaang berasal dari kitchen dipisahkan dan mempunyai instalasi sendiri yang kemudian dialirkan hingga ke greese trap. sistem air bekas juga biasanya dialirkan ke sistem pengolahan air limbah (IPAL), atau ada juga yang langsung dialirkan ke saluran kota, jika tidak membahayakan.


3.  Sistem Venting

   Sistem venting merupakan sistem instalasi untuk mengeluarkan udra yang terjebak di dalam pipa air limbah / air buangan (air kotor, air bekas dan air hujan).
      Diantara tujuan pemasangan sistem venting adalah:
a.       Menjaga sekat air dari efek siphon atau tekanan. Efek siphon timbul apabila seluruh perangkat dan pipa pembuangan  terisi air buangan pada akhir proses pembuangan mengakibatkan sekat air akan ikut mengalir.
b.      Menjaga aliran air yang lancar di dalam pipa pembuangan
c.       Memungkinkan adanya sirkulasi udara di dalam semua jaringan pipa pembuangan.
Gbr. Skematik Instalasi Air Kotor, air bekas dan venting

4. Sistem Penyediaan Air Bersih

     Sistem penyediaan air bersih meliputi penyedian air bersih itu sendiri dan distribusi. Sistem ini menyangkut sumber air bersih,  sistem penampungan air (bak air / tangki, ground tank, Roof tank), pompa transfer dan distribusi.
·         Sumber air bersih, biasanya di dapat dari PDAM, atau berasal dari Deep Well.
·         Sistem penampungan air dibedakan menjadi dua bagian yaitu: raw water tank dan clean water tank.  Sumber air bersih yang berasal dari PDAM langsung dialirkan ke clean water tank. Sedang yang berasal dari Deep well di masukan ke dalam raw water tank. Air yang berada di raw water tank ditreatment dulu di instalasi Water Treatment Plant dan selanjutnya di alirkan ke clean water tank (bak air bersih).
·         Air yang berada  di dalam baik air bersih (clean water tank) selanjutnya dialirkan  ke bak air atas (roof tank) dengan pompa transfer.
·         Distribusi air bersih pada 2 lantai teratas menggunakan packaged booster pump, sedang untuk lantai-lantai dibawahnya dialirkan secara gravitasi.

·         Pada umumnya persediaan air bersih diperhitungkan untuk cadangan 1 hari pemakaian air.





Gbr. Skematik air bersih  (contoh)


5. Sistem Air Hujan dan Sistem Drain

 Para perencana suatu gedung biasanya ada yang memasukan sistem air hujan dan drain ke dalam sistem plumbing, ada juga yang memisahkannya dari sistem plumbing. Sistem drain biasanya dipisahkan dari sistem plumbing, dan dimasukan kepada instalasi subyek dari sistem yang perlu drain, seperti AC atau sistem sprinkler, yang masuk pada sistem sprinkler tu sendiri.
 Karena air yang dihasilkan oleh air hujan atau drain (AC dan sprinkler) termasuk air bersih  (tidak   terkontaminasi) maka biasanya pembuangannya langsung dialirkan ke saluran kota (tidak melalui pengolahan)..


(lanjut.......)


10 komentar:

  1. kelanjutannya bisa dibaca dimana ya pak?

    BalasHapus
  2. iya..ya...dimana kelanjutannya
    belum sampai klimax nech

    BalasHapus
  3. sudah lumayan bagus artikelnya.. silakan lanjutannya di tunggu...

    http://bit.ly/2b9FBGb

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Permisi pak...
    boleh saya minta tolong kirimkan gambar jelas folder pdf atau auto cad dari skema air bersih yang bapak buat? ke email drahmaiyast@gmail.com
    Untuk tambahan wawasan saya..
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Om bisa minta gambarnya yg jelas ga? Buat acuan saya menggambar tugas plambing nih om🙂

    BalasHapus
  7. bisa kirimin gmbarnya agar lebih jelas trm

    BalasHapus
  8. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp bakteri dan nutrisi .untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    BalasHapus