Lift atau elevator merupakan alat transfortasi vertikal suatu gedung. Lift sekarang ini telah menjadi kebutuhan yang mendasar di gedung gedung pemerintahan, perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit, mall, bandara dan lain lain.
Berikut yang perlu diketahui tentang lift, antara lain :
A. Jenis Jenis Motor Penggerak Lift
1. Motor Gear
Tipe motor gear menggunakan motor AC yang dilengkapi dengan worm gear atau gear reduser yang berfungsi untuk menurunkan putaran motor ke speed elevator yang diinginkan. Karena pada motor AC ini mempunyai putaran yang tinggi antara 900 RPM sampai dengan 1460 RPM atau lebih. Jadi diperlukan gear reduser untuk menurunkan putaran motor tersebut.
2. Motor Gearless
Tipe motor ini tidak menggunakan worm gear atau gear reduser karena putaran motor sama dengan speed elevator itu sendiri. Paa awlanya jenis motor ini untuk lift dengan kecepatan tinggi diatas 150 meter per menit. Tetapi motor ini kemudina dikembangkan untuk kecepatan rendah, dan sedang juga menggunakan motor gearless karena pertimbangan space untuk ruang mesin.
3. Motor Roomless
Merupakan pengembangan teknologi sincronous permanent magnet yang memungkinkaan mesin lift dibuat lebih kecil sehingga mesin bisa dipasang di dalam hoistway.
Perbedaan dari ketiga itu adalahlebh cenderug ke bentu fisiknya, motor gear mempunyai design yang lebih besar dari motor gearles maupun roomless.
B. Komponen Komponen Lift
2. Motor Gearless
Tipe motor ini tidak menggunakan worm gear atau gear reduser karena putaran motor sama dengan speed elevator itu sendiri. Paa awlanya jenis motor ini untuk lift dengan kecepatan tinggi diatas 150 meter per menit. Tetapi motor ini kemudina dikembangkan untuk kecepatan rendah, dan sedang juga menggunakan motor gearless karena pertimbangan space untuk ruang mesin.
3. Motor Roomless
Merupakan pengembangan teknologi sincronous permanent magnet yang memungkinkaan mesin lift dibuat lebih kecil sehingga mesin bisa dipasang di dalam hoistway.
Perbedaan dari ketiga itu adalahlebh cenderug ke bentu fisiknya, motor gear mempunyai design yang lebih besar dari motor gearles maupun roomless.
B. Komponen Komponen Lift
Pada
dasarnya komponen lift dibedakan menjdi 4 bagian utama:
- Komponen Ruang Mesin (Machine Room)
- Komponen Ruang Luncur (hoitsway)
- Komponen kereta (Car Lift)
- Komponen di luar ruang luncur pada tiap tiap lantai
Komponen di ruang
Mesin (Machine Room)
Control System atau Control Panel
Berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan
kerja dari pada lift tersebut. Permintaan baik dari luar maupun dari dalam
kereta dicatat dan diolah, kemudian memberikan intruksi-intruksi agar lift
bergerak, dan berhenti sesuai dengan permintaan.
Geared Machine atau Mesin Penggerak
Di dalam ruang mesin terdapat satu mesin
penggerak jenis geared. Pada mesin ini, perputaran dari motor penggerak
ditransformasikan oleh roda gigi sehingga dari putaran motor tinggi dapat
berubah ke putaran rendah..Pada mesin penggerak ini terdapat brake (rem) dimana
rem ini akan berkerja jika motor penggerak tidak dialiri listrik.
Primary Velocity Tranducer/ Encoder
Terdapat satu alat dengan mesin lift pada
mesin penggerak gunanya untuk mendeteksi putaran motor atau kecepatan dari
lift.
Governor
Governor adalah alat pengaman, dimana jika
kecepatan lift melebihi batas-batas yang telah ditentukan, maka governor ini
akan bekerja dan kereta akan berhenti baik oleh elektrik maupun maupun mekanik.
ARD (Automatic Rescue Drive)
Yang berfungsi apabila sumber listrik dari PLN
mendadak mati dan lift akan berhenti disembarang tempat setelah lebih dari 15
detik maka ARD akan bekerja untuk menjalankan lift ke lantai terdekat. Setelah
lift sampai pada lantai otomatis lift akan mati. Lift akan normal kembali
setelah listrik PLN hidup kembali.
Komponen di ruang
luncur (Hoistway)
Ruang luncur adalah lorong atau lintasan
dimana kereta tersebut bergerak naik dan turun. Lubang ini harus merupakan
lubang tertutup dan tidak ada hubungan langsung ke ruang di luarnya kecuali
untuk lubang dua buah lift berdampingan
Guide Rail atau Rel Pemandu
Profil baja khusus pemandu jalanya kereta
(car) dan bobot pengimbang (Counterweight). Ukuran rel untuk kereta/ car
biasanya lebih besar dari pada rel bandul pengimbang/ counterweight. Guide rail
ini terpasang tegak lurus dari dasar pit sampai di bawah slap ruang mesin.
Limit Switch/ Switch Batas Lintas
Ada dua jenis saklar batas lintas yaitu untuk
membalik arah (direction switch) dan final switch. Biasanya komponen ini
terpasang di rel kereta, dipasang dibagian bawah dan dibagian atas rel. Yang
berfungsi untuk menjaga agar kereta tidak menabrak pit atau lantai kamar mesin.
Vane Plate/ Pelat Bendera
Dipasang di rel kereta yang berfungsi untuk
mengatur pemberhentian kereta pada lantai yang dikehendaki dan mengatur
pembukaan pintu pendaratan (landing door).
Landing Door/ Pintu Pendaratan
Terdiri dari beberapa bagian, antara lain door
hanger, door sill, dan door panel. Berfungsi untuk menutup ruang luncur dari
luar. Pada hall door ini dipasang alat pengaman secara seri sehingga apabila
salah satu pintu terbuka maka lift tidak akan bisa dijalankan.
Buffer
Terletak di dua tempat yaitu: satu set untuk kereta dan satu set untuk beban pengimbang/ counterweight. Berfungsi untuk meredam tenaga kinetik kereta dan bobot pengimbang pada saat jatuh.
Terletak di dua tempat yaitu: satu set untuk kereta dan satu set untuk beban pengimbang/ counterweight. Berfungsi untuk meredam tenaga kinetik kereta dan bobot pengimbang pada saat jatuh.
Governor Tensioner
merupakan pully berbandul sebagai penegang
rope governor yang terletak di pit.
Komponen di Car/ Kereta
Car/ Kereta
adalah kotak dimana penumpang naik dan dibawa
naik turun. Kereta ini dihubungkan langsung dengan bobot pengimbang
(Counterweight) dengan tali baja lewat pully penggerak di ruang mesin,
Car Door/ Pintu Kereta
Terdiri dari beberapa bagian, antara lain:
door hanger, door sill, door panel dan door mekanisme yang mengatur buka tutup
pintu. Berfungsi untuk menutup kereta dari luar. Pada pintu kereta (car door)
ini dipasang alat pengaman secara seri dengan pintu pendaratan/ landing door
sehingga apabila pintu terbuka maka lift tidak dapat dijalankan.
COP (Car Operating Panel)
Ada satu atau lebih COP. Biasanya terletak
pada sisi depan kereta (front return panel). Pada panel tersebut terdapat
tombol-tombol lantai dan tombol pengatur buka tutup pintu.
Interphone
Biasanya terletak pada COP (pada lokasi yang mudah dicapai) yang berfungsi untuk mengadakan komunikasi (dalam keadaan tertentu) antara kereta, kamar mesin (Machine Room) dan ruang kontrol gedung.
Biasanya terletak pada COP (pada lokasi yang mudah dicapai) yang berfungsi untuk mengadakan komunikasi (dalam keadaan tertentu) antara kereta, kamar mesin (Machine Room) dan ruang kontrol gedung.
Alarm Buzzer
Yang berfungsi untuk memberi tanda bila lift
berbeban penuh atau tanda-tanda lain.
Switcing Box
Biasanya menjadi satu dengan COP. Yang
terletak dibagian bawah COP secara tertutup (yang dapat dibuka hanya dengan
kunci khusus) didalamnya terdapat tombol-tombol pengatur.
Floor Indicator
Nomor penunjuk lantai dan arah jalannya
kereta. Biasanya terletak disisi atas pintu kereta (transom) atau pada COP.
Lampu Darurat atau Emergency Light
Biasanya terletak diatas atap kereta,
fungsinya untuk menerangi kereta dalam keadaan darurat (listrik mati)
dengan sumber battery.
Switch Pintu Darurat (Emergency Exit Switch)
Terletak pada pintu darurat diatas kereta,
fungsinya untuk memastikan agar kereta tidak berjalan apabila pintu darurat
dibuka untuk proses penyelamatan.
Safety Link
Mekanisme penggerak alat pengaman (safety
device) diatas kereta yang dihubungkan dengan governor di kamar mesin.
Berfungsi untuk menahan kereta over speed ke bawah (dalam keadaan darurat).
Komponen di luar ruang luncur atau di Hall
Tombol Lantai
Tombol pemanggil kereta di lantai/ hall.
Switch Parkir
Biasanya terletak di lobby utama didekat
tombol lantai (hall button) berfungsi untuk mematikan dan menjalankan lift.
Switch kebakaran/ Fireman Switch
Biasanya terletak di lobby utama disisi atas
hall button, berfungsi untuk mengaktifkan fungsi fireman control/ fireman
operation.
Hall indicator atau Penunjuk Lantai
Biasanya terletak di transom atau hall button
pada masing-masing lift. Berfungsi untuk mengetahui posisi masing-masing
kereta.
(Dikutip dari Manual book Lift Mitsubisi Shanghai dan dari berbagai sumber internet)
Jual lift
BalasHapusDari ketiga jenis lift,mana yg lebih bagus?
BalasHapus